Senin, 15 Juli 2024

Konsisten Kendalikan Karlabun, Lima Perusahaan Terima Penghargaan

Konsisten Kendalikan Karlabun, Lima Perusahaan Terima Penghargaan

Foto: Corcom AAL
Lima Anak Perusahaan AAL Terima Penghargaan

Balikpapan (AGRINA-ONLINE.COM) Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur memberikan apresiasi kepada lima anak perusahaan Astra Agro Lestari di area Kalimantan Timur, terdiri dari PT Waru Kaltim Lima anak perusahaan Astra Agro Lestari di area Kalimantan Timur yaitu PT Waru Kaltim Plantation (WKP), PT Sukses Tani Nusasubur (STN), PT Borneo Indah Marjaya (BIM), PT Palma Plantasindo (PPS), dan PT Sumber Kharisma Persada (SKP). Penghargaan diraih dalam bidang lingkungan atas komitmen perusahaan dalam pengendalian kebakaran lahan dan kebun (Karlabun).

 

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur Ir. E.A. Rafiddin Rizal, S.T., M.Si., dalam sambutannya menyatakan harapannya agar Rakorbun menjadi media komunikasi dan kolaborasi berbagai pihak untuk kemajuan perkebunan di Kalimantan Timur. “Pentingnya menciptakan sistem ekonomi perkebunan yang sistematis, mengidentifikasi solusi permasalahan perkebunan, mendukung ekonomi nasional yang berkelanjutan, serta membuat kebijakan hilirisasi dan diversifikasi yang berkelanjutan,” katanya saat memberikan sambutan di Gran Senyiur Hotel Balikpapan (15/07).

 

Acara Rapat Koordinasi Pembangunan Perkebunan Tahun 2024 ini, bertema "Penguatan Peran Sub Sektor Perkebunan Melalui Diversifikasi Hasil Komoditas Unggulan Strategis yang Berdaya Saing dan Berkelanjutan” yang diusung dalam penghargaan tersebut menekankan pentingnya diversifikasi dan keberlanjutan dalam sektor perkebunan. Administratur (ADM) PT WKP Eko Andrianto menyampaikan penghargaan ini merupakan bukti komitmen perusahaan dalam menjaga wilayah perkebunan serta mitra perusahaan dari kebakaran lahan dan kebun (Karlabun).

 

Administratur PT STN Victor Aybund menambahkan bahwa kolaborasi yang baik antara perusahaan, Kelompok Tani Peduli Api (KTPA), dan para penegak hukum telah berhasil mengurangi insiden kebakaran lahan dan kebun di Kalimantan Timur dibandingkan tahun sebelumnya.

 

PJ Gubernur Kalimantan Timur Prof. Dr. Drs. Akmal Malik, M.Si., dalam sambutannya juga menyambut baik Rakorbun 2024 dan menekankan bahwa sektor perkebunan harus menjadi pilar utama ekonomi masyarakat di Kalimantan Timur. “Potensi besar lahan perkebunan di Kalimantan Timur yang harus diiringi dengan eksekusi nyata dari pemerintah kabupaten dan kota, serta pentingnya mencegah deforestasi dan alih fungsi lahan dari hutan ke perkebunan,” katanya.

 

Administratur PT SKP Tugiyono, menyampaikan harapannya agar pencegahan dan penanggulangan kebakaran lahan dan kebun tetap menjadi fokus utama di Kalimantan Timur sebagai kawasan penyanggah Ibu Kota Nusantara (IKN).

 

Administratur PT BIM-PPS Pulung Iman Santosa, juga menekankan pentingnya pencegahan dalam proses pengendalian kebakaran lahan dan kebun, termasuk pemetaan area yang berpotensi terbakar serta sosialisasi mengenai bahaya kebakaran. Dengan penghargaan ini menunjukkan komitmen perusahaan dalam menjaga lingkungan dan mengurangi risiko kebakaran lahan dan kebun, serta terus berinovasi dalam praktik keberlanjutan perkebunan di Kalimantan Timur.

 

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak eksternal maupun pihak internal yakni Asisten CSR PT WKP-STN Zakaria, Community Development Officer (CDO) PT STN Darwanto, CDO PT SKP Syukron, Sustainability PT STN Anggy Setiawan, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur Ir. E.A. Rafiddin Rizal, S.T., M.Si., PJ Gubernur Kalimantan Timur Prof. Dr. Drs. Akmal Malik, M.Si., Ketua GAPKI Kaltim 2024-2029 Rachmat Perdana Angga, serta perwakilan dari 48 perusahaan penerima penghargaan lainnya.

 

 

 

Sabrina Yuniawati

 
Agrina Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain