Selasa, 17 September 2024

Pandawa Agri Indonesia Gelar Sustainability Education Forum di Wilmar Kalteng

Pandawa Agri Indonesia Gelar Sustainability Education Forum di Wilmar Kalteng

Foto: DOK. PANDAWA AGRI INDONESIA
Kegiatan Educate to Innovate dihadiri lebih dari 60 orang karyawan Wilmar Kalimantan Tengah

Sampit (AGRINA-ONLINE.COM) – Pandawa Agri Indonesia (PAI), perusahaan berbasis life-science, menggelar forum edukasi keberlanjutan (sustainability education forum) di Wilmar Kalimantan Tengah dengan topik "Educate to Innovate: Edukasi Keberlanjutan dan Keselamatan Penggunaan Pestisida."
 
Junia Anindya, Corporate Sustainability and Communications Manager PAI, mengungkapkan, "Program ini merupakan upaya kami dalam mendukung komitmen keberlanjutan (sustainability) perusahaan, sekaligus membantu meningkatkan awareness terkait praktik pertanian berkelanjutan serta penggunaan pestisida secara bijak.”
 
Di perusahaan perkebunan sawit, peran herbisida sebagai pengendali gulma sangat penting dalam pemeliharaan tanaman. Porsinya sekitar 95% dari bujet pestisida. Jadi, penggunaan produk pengurang dosis herbisida seperti produk PAI bisa menghemat biaya pemeliharaan dan lebih ramah lingkungan.  
 
Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis, 5 September 2024 ini diikuti lebih dari 60 orang karyawan meliputi  tenaga semprot, Field Coordinator, manajer kebun, hingga Plantation Head. 
 
Seminar yang bertujuan mempromosikan praktik pertanian yang ramah lingkungan ini dibagi menjadi dua sesi komprehensif.  Sesi pertama, ditujukan bagi manajemen tingkat atas, berisi informasi seputar inovasi terkini di bidang pertanian berkelanjutan, termasuk penggunaan WEED Solut-ioN®️ (WS), teknologi reduktan dari PAI yang telah mempublikasikan Environmental Product Declaration (EPD).
 
Dokumen EPD yang berisi dampak lingkungan dari WS ini sekaligus menegaskan komitmen PAI terhadap keberlanjutan dengan menyediakan alternatif yang secara signifikan mengurangi penggunaan pestisida, aman dan ramah lingkungan, serta memiliki jejak karbon yang rendah.
 
Sesi kedua, ditujukan bagi petugas lapangan dan pekerja penyemprotan, berfokus pada pemberian pengetahuan seputar praktik terbaik dalam penggunaan pestisida secara bijaksana. Tujuannya  membekali para pekerja garis depan dengan informasi penting agar mereka dapat bekerja dengan aman dan meminimalkan dampak lingkungan dari aktivitas mereka.
 
Sarimanah, Head of Department Sustainability Wilmar Region Kalimantan, mengatakan, "WEED Solut-ioN®️ sebagai pengurang herbisida memberikan kontribusi signifikan terhadap aspek sustainability di perusahaan. Produk ini ramah lingkungan, mendukung upaya perlindungan kesehatan pekerja, dan turut mengurangi emisi karbon karena secara substansial mengurangi penggunaan herbisida, yang tentunya selaras dengan komitmen Wilmar terhadap praktik sustainability."
Selain memperoleh wawasan mengenai potensi risiko dari penggunaan pestisida yang tidak hati-hati, para peserta juga mendapatkan informasi mengenai praktik penyemprotan bahan kimia secara bertanggung jawab.
 
“Kegiatan ini sangat membantu kami dalam memberikan pengetahuan yang lebih mendalam tentang bahaya pestisida terhadap kesehatan dan lingkungan kepada para pekerja operasional di lapangan. Diharapkan mereka menjadi lebih sadar akan dampak penggunaan pestisida dan lebih memahami cara menjaga aspek keberlanjutan dalam operasional perkebunan,” ungkap Sarimanah.
 
Junia menegaskan komitmen perusahaan terhadap keberlanjutan, "Di Pandawa Agri, komitmen kami lebih dari sekadar membangun ekosistem pertanian berkelanjutan. Kami ingin memastikan bahwa kami dapat mendukung pencapaian sustainability goals para mitra kami, seperti Wilmar, yang sangat peduli dengan aspek sustainability. Kami berusaha memastikan inovasi kami memberikan kontribusi yang berarti bagi keberlanjutan perkebunan mereka."
 
Sebagai perusahaan bervisi menciptakan sektor pertanian yang lebih berkelanjutan, PAI terus mendorong praktik pertanian berkelanjutan dengan menawarkan solusi inovatif yang mampu mengurangi dampak negatif dari aktivitas pertanian, sekaligus memastikan masa depan pertanian yang lebih sehat bagi pekerja dan lingkungan.
Peni SP
 

 
Agrina Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain