Kamis, 19 Mei 2022

Sah! Mulai Senin Depan Jokowi Kembali Buka Ekspor CPO

Sah! Mulai Senin Depan Jokowi Kembali Buka Ekspor CPO

Foto: BPMI Setpres
Ekspor kelapa sawit atau Crude Palm Oil (CPO) beserta dengan segala produk turunannya dibuka Senin, 23 Mei 2022.

Jakarta (AGRINA-ONLINE.COM). Presiden Joko Widodo mengumumkan pemerintah akan mulai mencabut larangan ekspor kelapa sawit atau Crude Palm Oil (CPO) beserta dengan segala produk turunannya, Senin (23/5/2022) depan. Hal ini ditegaskan Presiden Jokowi dalam konferensi pers secara virtual di Istana Negara, Jakarta, Kamis (19/5).

 

Kendati pintu ekspor telah dibuka, Jokowi menekankan pemerintah akan tetap mengawasi dan memantau dengan ketat untuk memastikan pasokan kelapa sawit tetap terpenuhi dengan harga terjangkau.

 

Jokowi menerangkan semenjak pemerintah melarangekspor CPO, stok kelapa sawit di dalam negeri terus bertambah. Sebagai informasi, kebutuhanrata-rata nasional selama satu bulan sebesar 194 ribu ton. "Pada bulan Maret sebelum dilakukan pelarangan ekspor pasokan kita hanya mencapai 64,5 ribu ton. Namun setelah dilakukan pelarangan ekspor di bulan April pasukan kita mencapai 211 ribu ton per bulannya melebihi kebutuhan nasional bulanan kita," ujarnya.

 

Selain itu, ia menjelaskan bahwa terdapat penurunan harga rata-rata minyak goreng secara nasional. Pada bulan April, sebelum pelarangan ekspor, harga rata-rata nasional minyak goreng curah berkisar kurang lebih Rp19.800, dan setelah adanya pelarangan ekspor, harga rata-rata nasional turun menjadi Rp17.200–Rp17.600.

 

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengatakan pemerintah juga akan melakukan pembenahan prosedur dan regulasi di badan pengelola dana perkebunan kelapa sawit (BPDPKS) agar terus disederhanakan dan dipermudah agar lebih adaptif dan solutif menghadapi dinamika pasokan dan harga minyak dalam negeri. Sehinggamasyarakat dapat dilindungi dan dipenuhi kebutuhannya.

 

Try Surya A

 
Agrina Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain