Minggu, 7 Pebruari 2021

2021, Produksi CPO Indonesia Capai 49 Juta Ton

2021, Produksi CPO Indonesia Capai 49 Juta Ton

Foto: DOK. AGRINA/GIC
Ketua Umum Gapki, Joko Supriyono: Optimis produksi minyak sawit Indonesia naik signifikan 2021

Jakarta (AGRINA-ONLINE.COM). Pengaruh pandemi Covid-19 diperkirakan belum berakhir. Namun Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki), Joko Supriyono optimis, produksi minyak sawit Indonesia 2021 akan naik signifikan. Hal tersebut lantaran pemeliharaan kebun yang lebih baik, cuaca yang mendukung dan harga yang menarik. “Diperkirakan mencapai 49 juta ton untuk CPO dan 4,65 juta ton untuk PKO,” ulasnnya kepada media secara daring.
 
Seiring komitmen pemerintah dalam melanjutkan program B30, melansir perkiraan Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) 2021, konsumsi biodiesel akan mencapai sebesar 9,2 juta KL atau setara dengan 8 juta ton minyak sawit. Sementara menurut Asosiasi Produsen Oleochemical Indonesia (Apolin), penggunaan sawit untuk oleokimia di 2021 diperkirakan sejumlah 2 juta ton untuk domestik dan sekitar 4,5 juta ton untuk ekspor.
 
Permintaan minyak nabati dunia, lanjutnya, akan sangat tergantung dari keberhasilan vaksin Covid-19. Keberhasilan tersebut akan meningkatkan aktivitas ekonomi sehingga akan meningkatkan konsumsi minyak nabati termasuk minyak sawit. Di samping itu, banyak negara yang lebih terbuka imbas dari ekonomi yang bergejolak.
 
Untuk ekspor, minyak sawit Indonesia diperkirakan akan meningkat di tahun 2021 baik secara volume maupun nilai. Faktor yang diperkirakan menjadi ganjalan permintaan yakni kembalinya berjangkit Covid-19 di China maupun negara lain, dan juga berjangkitnya African Swine Fever yang mengganggu permintaan oilseed dan oilmeal yang pada akhirnya akan mengganggu permintaan minyak nabati termasuk minyak sawit.
 
Sementara itu, beberapa isu penting tetap menjadi fokus kegiatan GAPKI tahun 2021. Hal ini meliputi Penerapan dan Pengawalan Implementasi Undang Undang Cipta Kerja (UUCK) dan Peraturan Perundangan turunannya, penguatan penerapan Sustainability, melalui Percepatan dan Penyelesaian Sertifikat ISPO bagi anggota GAPKI, dan Penguatan Kemitraan untuk Peningkatan Percepatan Percepatan Peremajaan Sawit Rakyat (PSR).
 
Try Surya A
 

 
Agrina Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain