Jumat, 16 Pebruari 2024

Astra Agro Lestari Perkuat Digitalisasi, Permudah Petani Mitra

Astra Agro Lestari Perkuat Digitalisasi, Permudah Petani Mitra

Foto: Sabrina
Fenny Sofyan (moderator) bersama Santosa (Chief Executive Officer Astra Agro).

Menurut Santosa, Chief Executive Officer Astra Agro, PT Astra Agro Lestari Tbk, terus mengembangkan layanan baru untuk petani mitra. Hal ini sejalan dengan program digitalisasi yang telah diterapkan Astra Agro selama beberapa tahun sebelumnya. Aplikasi Sistem Informasi Kemitraan (SISKA) 2.0 dirilis pada bulan Januari lalu.

 
"Fitur pertama yang diperkenalkan adalah Booking Jadwal Kirim diharapkan dapat mempersingkat waktu tunggu bongkar dengan sistem antrian terintegrasi. Sehingga para mitra mendapatkan kemudahan dalam mengatur jadwal pengiriman buah ke pabrik Astra Agro," ungkapnya saat berbincang dengan para jurnalis di acara Talk to the CEO 2024, di Bandung (16/2).
 
 
Selain memberikan kemudahan bagi mitra, lanjut Santosa, SISKA 2.0 diharapkan mampu mengoptimalkan fasilitas lainnya seperti anjungan yang telah disediakan oleh perusahaaan sebagai layanan kepada driver para mitra untuk menunggu saat proses bongkar TBS di pabrik. Selain itu, sejumlah program kerjasama juga dilakukan untuk mendukung bisnis kelapa sawit para mitra.
 
 
Santosa menyatakan, program kemitraan telah diintensifkan sejak 2018, juga menjadi salah satu strategi bisnis perusahaan dalam memenuhi utilitas pabrik kelapa sawit dan produksi CPO perusahaan. Perusahaan mengaku sudah 100% buahnya tertelusuri. Layanan yang diberikan dan beragam loyalti program akan membawa bisnis perusahaan berkelanjutan di masa yang akan datang.
 
 
“Beberapa tahun poduksi sawit nasional stagnan, maka selain peningkatan produktivitas tanaman, maka untuk dapat bertahan kita harus melakukan efisiensi. Fix cost sudah pasti harus keluar, maka utilisasi pabrik harus optimal,” tegasnya.
 

Santosa mengatakan, Astra Agro terus memperkuat program kemitraan dengan petani kelapa sawit. Perusahaan perkebunan kelapa sawit tersebut mengembangkan layanan baru agar para mitra semakin nyaman, efektif dan efisien dalam proses penjualan buah ke pabrik Astra Agro.

 
“Langkah Astra Agro memprioritaskan buah dari masyarakat ini juga menjadi komitmen perusahaan dalam mendukung usaha petani sawit,” katanya 
 
 
selain itu, Astra Agro kemudahan lainnya seperti pembelian pupuk, kecambah kelapa sawit, herbisida, unit angkut, unit pribadi dan alat berat serta kerjasama perbaikan infrastruktur.
 
 
 
 
Sabrina Yuniawati
 
 

 
Agrina Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain