Rabu, 22 Nopember 2023

Penghargaan untuk Para Top Smart Planters

Penghargaan untuk Para Top Smart Planters

Foto: Peni Sari Palupi
Kiri-kanan: Purwadi (Direktur Eksekutif PSKS), Roebianto (Direktur Bumitama Gunajaya Agro), Edwin Syahputra Lubis (Direktur PPKS mewakili Dirut PTPN III Holding), Eko Prasetyo Wibisono Chiefof HumanCapital (Chief of Human Capital mewakili Presdir Astra Agro Lestari), Harsawardana (Rektor Instiper)

Yogyakarta (AGRINA-ONLINE) - Institut Pertanian Stiper (Instiper) Yogyakarta menggelar acara Forum Sawit Indonesia (FoSI) edisi kedua pada 23-24 November 2023 dengan tema “Membangun Daya Saing Perkebunan Kelapa Sawit Melalui Ekosistem Bisnis Sinergis”.
 
Sehari sebelumnya, panitia mempertemukan para Chief Executive Officer, Chief Operating Officer, dan Chief Human Resources perusahaan perkebunan untuk saling berbagi pengalaman dalam ajang Forum Direktur Perkebunan Kelapa Sawit (22/11).
 
Hari itu juga Instiper menghelat Malam Penghargaan Anugerah Palm Oil Smart Planters 2023 di Hotel Royal Ambarukmo, Yogyakarta. Ajang pemberian penghargaan ini baru pertama kali diadakan.
 
“Instiper berdiri 1958, tahun ini berumur 65 tahun. Kami telah lama berkecimpung dalam bidang perkebunan. Tidak salah bila kami mengetahui seluk-beluk perkebunan dan orang-orang yang terlibat di dalamnya, tingkah laku dan pencapaiannya.
 
Karena itu kami bersama manajemen Pusat Sains Kelapa Sawitmenetapkan diri mulai tahun ini memberikan anugerah kepada orang-orangyang berjasa bagi perkebunan kelapa sawit. Semoga acara ini mempererat hubungan kita dan menjadi cara bagi kita untuk meneladani beliau-beliau yang telah kita pilih,” ujar Dr. Ir. Harsawardana, M.Eng, Rektor Instiper dalam sambutannya.
 
Dr. Ir. Purwadi, M.S., Direktur Eksekutif Pusat Sains Kelapa Sawit (PSKS), Instiper,mewakili Tim 7 yang menyeleksi para kandidat, mengungkap,“Dengan mendapat masukan dari berbagai mitra, Instiper menobatkan delapan tokoh planter terbaik pada zamannya yang terbagi dalam tiga kategori.”
 
Pertama, Smart Planter Legenda, yaitu planter senior yang hebat pada periode kemerdekaan hingga nasionalisasi perkebunan dari tangan kolonial. Para planter ini tumbuh dan berkembang mendapat pengakuan akan atas kejujuran, kedisplinan, dan kerja kerasnya.
 
Terpilih sebagai Planter Legenda adalah Soedjai Kartasasmita (Sekretaris Dewan Gula Indonesia 1982-1988), almarhum Wilihar Tamba (Senior Vice President Agronomi PT Salim Indoplantation Jakarta 1996-2001), dan almarhum Oeminto (Direktur PT SMART Tbk.1992).
 
Kedua, Planter Manajemen Modern, yaitu planter yang tumbuh dan berkembang hebat pada zaman 1980-1990-an. Mereka ini telah mengubah atau mengintroduksi cara-cara manajemen modern dalam perkebunan. Terpilih dalam kategori ini adalah Daud Dharsono (Dirut PT SMART Tbk. sampai Juni 2022) dan Maruli Gultom (Komisaris PT Union Sampoerna Tri Putra Persada, Komisaris PT Triputra Agro Persada).
 
Ketiga, Planter Manajemen Transformasi, yakni planter-planter zaman sekarang yang melakukan dan membangun transformasi di institusinya masing-masing serta membangun kultur baru. Terpilih dalam kategori ini adalah M. Abdul Ghani (Dirut PTPN III Holding), Santosa (Presdir PT Astra Agro Lestari Tbk.) dan Roebianto (Board of Director PT Bumitama Gunajaya Agro).
 
 
 
 
Peni Sari Palupi

 
Agrina Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain