Jumat, 12 Juli 2019

KUD Karya Mukti Raih Predikat Koperasi Terbaik Nasional

KUD Karya Mukti Raih Predikat Koperasi Terbaik Nasional

Foto: Istimewa
Riswanto, Ketua KUD Karya Mukti (paling kanan), Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jambi (kedua kanan), bersama penerima penghargaan lainnya

Jambi (AGRINA-ONLINE.COM). Koperasi Unit Desa (KUD) Karya Mukti yang beroperasi di Dusun Karya Harapan Mukti, Kec. Pelepat Ilir, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi kembali meraih gelar koperasi terbaik nasional 2019 untuk kategori pemasaran.
 
Penghargaan dalam rangka Hari Koperasi Nasional ke-72 ini diserahkan Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga di Purwokerto, Jateng (11/9). 
 
Koperasi yang berbasis komoditas kelapa sawit ini sebelumnya telah menerima penghargaan serupa pada 2013 dan 2016. Saat ini KUD Karya Mukti telah memiliki 18 unit usaha.
 
Dalam menjalankan bisnisnya, KUD Karya Mukti bermitra dengan PT Sari Aditya Loka 2 dan 3 (SAL) yang merupakan anak perusahaan PT Astra Agro Lestari Tbk. Kemitraan tersebut dijalin sejak 1990-an hingga sekarang.
 
“Kami menjadi besar berkat program kemitraan. Kami menjalankan koperasi dengan modal saling percaya antara perusahaan, pengurus, dan juga anggota koperasi. Tanpa kepercayaan roda koperasi bisa hancur,” ungkap Ketua KUD Karya Mukti Riswanto.
 
Pria yang menyabet Penghargaan Bakti Koperasi dan UKM Tingkat Nasional pada 2017 ini mengenang kisah sukses KUD yang dibinanya. Riswanto menuturkan, anggota KUD-nya yang merupakan warga transmigran telah mencoba menggarap berbagai komoditas tetapi tidak membuahkan hasil sesuai yang diharapkan.
 
“Tahun 1990-an datang PT SAL menawarkan kemitraan perkebunan kelapa sawit melalui program Perkebunan Inti Rakyat (PIR) untuk transmigrasi. Mulailah kami membangun ekonomi desa kami.
 
Selain itu dibentuk juga Kredit Koperasi Primer Anggota (KKPA) yang menjadi modal para petani setempat (anggota),” jelas Riswanto.
 
Untuk pengembangan, KUD Karya Mukti mempekerjakan 40 karyawan muda asli Desa Karya Harapan Mukti, tempat KUD berdomisili.
 
Pengembangan SDM menjadi fokus utama. Kini KUD Karya Mukti menjadi tujuan karir bagi masyarakat desa setempat. “Anak-anak petani ini sekarang sudah pada sekolah di Jawa, bahkan ada yang lulusan S2. Kami ingin anak-anak muda ini menjadi kader agar koperasi ini terus berjalan,” harapnya.
 
Community Development Area Manager Jambi PT Astra Agro Lestari, Suharto menyatakan, komitmen Astra Agro untuk terus membangun kemitraan dengan petani. Bahkan meningkatkan kemitraan kini menjadi program prioritas 2019 dari perusahaan.
 
Riswanto juga menyampaikan kompetensi yang dimiliki perusahaan juga diberikan kepada petani binaan agar bisa berkembang bersama-sama.
 
Perusahaan juga terus mendukung pelaksanaan tata kelola perkebunan petani yang menerapkan prinsip keberlanjutan (sustainable palm oil). Hal ini terbukti dengan sukses KUD Karya Mukti mendapatkan sertifikat Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO) pada 2017.
 
Peni Sari Palupi

 
Agrina Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain