30 June 2016
Mekanisasi Pertanian ala Negeri Bollywood

Beragam jenis dan tipe alat mekanisasi pertanian di India membantu kinerja petani lebih efisien. Seperti apa bentuknya?

Penggunaan mekanisasi di India tumbuh menggembirakan. Menurut Sunish Shah, petani sudah banyak menggunakan mekanisasi, khususnya penggunaan traktor dan pelengkapnya. Apalagi, lahan pertanian di Negeri Bollywood ini juga makin berkurang. “Mereka mendapat banyak manfaat ketika menggunakan traktor,” ulas Managing Partner Captain Agri Machinery Exim Llp, Captain Tractors Pvt. Ltd. itu saat berjumpa dengan AGRINA di IARI, Pusa, India. 

Tanam dan Perawatan

Beragam mesin pertanian di sektor hulu sampai hilir meramaikan bisnis alat dan mesin pertanian (alsintan) di India. Di sektor tanaman pangan seperti padi misalnya, ada transplanter (mesin tanam) skala kecil, medium, dan besar menyesuaikan kebutuhan petani. Saurabh Kumar Shukla, Manager – Sales Yanmar Coromandel Agrisolutions Pvt. Ltd. menerangkan, pihaknya menawarkan transplanter skala mini yang dioperasikan secara manual dan transplanter skala medium yang dijalankan dengan mesin. Kedua transplanter ini cocok digunakan pada lahan sempit.

Tata Agrico juga menyasar pertanian skala kecil dengan menyajikan manual power tiller. Vijay Kumar, Head New Product Development Agrico Division Tata Steel Limited (Tata Agrico) menurutkan, alat ini memenuhi berbagai kebutuhan petani mulai dari persiapan lahan, penanaman, perawatan tanam, seperti pemupukan dan penyemprotan pestisida, serta pengairan. Yang lebih menarik, ungkap Kumar, “Ini bisa digunakan untuk semua komoditas, seperti padi, cabai, atau tomat.” 

Kelanjutan tentang tulisan ini baca di Majalah AGRINA versi Cetak volume 12 Edisi No. 262 yang terbit pada April 2016. Atau klik di https://www.getscoop.com/id/majalah/agrina, https://www.wayang.co.id/index.php/majalah/agrina

© 2008 Agrina. Powered by iFORTE