07 February 2018
Santori Ekspor Perdana Wagyu Indonesia ke Myanmar

Kementerian Pertanian RI mengapresiasi tinggi Japfa. Melalui anak perusahaannya, PT Santosa Agrindo (Santori), Japfa berhasil memasarkan daging wagyu ke Myanmar. Kesuksesan ekspor daging premium seberat 600 kilogram ini merupakan kali pertama bagi Indonesia.

 

Ekspor perdana ini menandakan bahwa Indonesia mampu membuka pasar ke negara lain. Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, I Ketut Diarmita berujar, pemerintah sangat mengapresiasi PT Santosa Agrindo yang mampu menjual perdana daging sapi wagyu ke Myanmar. Kegiatan ini begitu positif, seiring dengan upaya Pemerintah yang ingin menjual produk Indonesia ke luar negeri. “Ini tentu sangat mendukung pemerintah yang saat ini terus berupaya untuk menggenjot ekspor beberapa komoditas strategis, termasuk hasil pertanian,” ucapnya bangga di saat peluncuran ekspor perdana yang berlangsung di DHL Global Forwarding Soewarna Business Lot 8, Tangerang, Rabu (7/1).

Director Corporate Affairs PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk, Rachmat Indrajaya mengatakan, ekspor perdana daging wagyu seberat 600 kg atau setara dengan US$ 20.000 ini ke Myanmar diharapkan menjadi jalan pembuka, sekaligus ajang promosi daging sapi wagyu produksi Indonesia.Dipilihnya Myanmar sebagai tujuan ekspor lantaran melihat adanya kebutuhan konsumsi wagyu di negara tersebut. Menurut Rachmat, banyak warga negara Jepang yang bermukim di Myanmar. Jepang sendiri merupakan negara asal wagyu.

Dalam waktu dekat, Japfa juga membidik dua negara lain untuk memasarkan daging wagyu, yakni Malaysia dan Timur Tengah. “Ekspor perdana ini menjadi tonggak awal dalam memasuki pasar ASEAN. Di Myanmar, akan ada testing event yang mengundang pihak hotel, restoran, dan beberapa stakeholder terkait,” ungkap Rachmat.

Mengantongi sertifikasi halal serta syarat lolos uji kelayakan ekspor, Santori percaya diri bisa meneruskan ekspor wagyu lokal ke negara lainnya. Sebagai informasi, daging sapi wagyu milik Santori telah mengantongi sertifikasi NKV (Nomor Kontrol Veteriner). Produk sapi wagyu lokal bermerek dagang Tokusen ini sebelumnya telah sukses dipasarkan di pasar lokal dan beberapa restoran di kota-kota besar Indonesia.

 Try Surya Anditya

© 2008 Agrina. Powered by iFORTE