22 September 2017
Saksikan Kemeriahan Kontes Domba dan Kambing

Jambore Peternakan Nasional  yang berlangsung pada 22-24 September 2017 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, hari ini akan menampilkan kontes domba dan kambing.

Kontes tersebut kelanjutan dari Kejuaraan Seni Kontes Domba Garut Piala Kemerdekaan 2016 di Istana Bogor yang saat itu disaksikan langsung Presiden Jokowi.

 

Tahun ini, menurut Ketua Umum Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) Yudi Guntara Noor, “Domba-domba Garut terbaik hasil seleksi selama hampir satu tahun akan berlomba memperebutkan Piala Presiden 2017. Ribuan peternak pun akan hadir untuk mendukung ternak-ternak unggulan mereka bertanding.”

 

Masih menurut Yudi, saat ini 75% penilaian Seni Ketangkasan Domba Garut berasal dari kualitas domba dan 25% berasal dari kualitas pukulan dalam pertandingan. Penilaian dilakukan oleh juri, wasit, dan inspektur pertandingan yang bersertifikat. HPDKI menerapkan aturan, antara lain ada batasan jumlah pukulan dalam pertandingan, penimbangan berat bomba dan pembagian kelas domba berdasarkan bobot badan (Kelas C sampai dengan 65 kg, Kelas B 65-75 kg, dan Kelas A di atas 75 kg).

 

Seni Ketangkasan Domba Garut merupakan salah satu jenis seni budaya masyarakat Sunda yang paling populer. Menurut catatan sejarah, kesenian ini sudah berkembang sejak tahun 1800-an. Hampir di setiap kabupaten/kota di Jawa Barat setiap minggu selalu ada kontes yang sekaligus menjadi ajang silaturahmi dan pertemuan para peternak dan tokoh masyarakat.

 

Menurut Ketua Umum HPDKI, Yudi Guntara Noor, saat ini 75 % penilaian Seni Ketangkasan Domba Garut berasal dari Kualitas Ternak Domba Garut, dan 25 % berasal dari kualitas pukulan dalam pertandingan. Penilaian dilakukan oleh Juri, Wasit, dan Inspektur Pertandingan yang bersertifikat. Adapun peraturan pendukung kegiatan Seni Ketangkasan Domba Garut saat ini yang diatur oleh HPDKI yaitu antara lain: pembatasan jumlah pukulan dalam pertandingan, penimbangan berat domba dan pembagian kelas domba berdasarkan berat badan (Kelas C sampai dengan 65 kg, Kelas B 65-75 kg, dan Kelas A diatas 75 kg), dan lain-lain.

 

Selain adu ketangkasan, HPDKI yang mendapat dukungan Kementerian Pertanian dan Kantor Staf Kepresidenan ini juga menggelar Kejuaraan Nasional Seni Kontes Domba Garut dan Kambing Kaligesing. Rencananya, Presiden Jokowi juga akan menghadiri acara puncak Jambore Peternakan ini besok, 24 September 2017.

 

© 2008 Agrina. Powered by iFORTE