14 September 2017
MPPI : Kemandirian Benih Untuk Kemandirian Pangan

Keberadaan benih dan bibit menjadi hal yang pokok untuk mewujudkan kemandirian pangan. Menurut Amran Sulaiman, Menteri Pertanian, karena kekuatan benih, Indonesia bisa melakukan ekspor. “Alhamdulillah tahun ini kita tidak impor beras. Bawang tempo hari kita ekspor, tahun 2016 nol impor. itu karena bibit,” tegasnya pada Pengukuhan Dewan Pengurus Pusat Masyarakat Perbenihan dan Perbibitan Indonesia (MPPI) 2017-2019 di Jakarta, Senin (21/8).

Kedaulatan benih dan bibit ini pada akhirnya akan mendukung kedaulatan pangan dan mewujudkan cita-cita besar Bangsa Indonesia sebagai lumbung pangan dunia pada 2045. Karena itu, Amran memberikan memberikan perhatian khusus pada sektor perbenihan dan perbibitan. “Izin Perbenihan bisa diemail asal sesuai prosedurnya. Izin Jangan diperlama,” ucapnya.

Bahkan, ia juga berharap bisa menghentikan impor benih jagung untuk mendukung kedaulatan benih jagung nasional. “Teman-teman di (DPR RI) komisi IV minta libatkan pembibitan jagung lokal, kami setuju. Bila perlu hentikan melakukan impor bibit. Jangan biarkan impor bibit masuk ke Indonesia,” tandasnya. Kementerian Pertanian pun memberikan perhatian khusus pada sektor perbenihan dan perbibitan. “Izin Perbenihan bisa diemail asal sesuai prosedurnya. Izin Jangan diperlama,” ucapnya.

Siti Nurbaya, Menteri LHK pada acara yang sama menambahkan, benih merupakan sumber daya kehidupan. Jika benih dan bibit tidak ada maka tidak akan ada kehidupan. Karena itu, teknologi perbenihandan pemurnian benih sangat penting bagikehidupan.

Herman Khaeron, Ketua Umum MPPI sepakat. “Atas dasar semangat bersama menuju kemandirian perbibitan untuk kemandirian dan Swasembada Pangan, dahulukan kemandirian bibit dan benih,” ucapnya. MPPI pun menetapkan langkah-langkah strategis yang sejalan dengan harapan negara menjadi dapur dunia. “Spirit new-MPPI bekerja sama dengan Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Lingkungan Hidup  dan Kehutanan (KLHK) dengan penyediaan benih unggul dan bersertifikat. Ini bermanfaat untuk rakyat banyak,” katanya.

 

Windi Listianingsih

© 2008 Agrina. Powered by iFORTE