20 April 2017
7th The Aquaculture Roundtable Series akan Digelar di Bali

Sebagian besar pasokan ikan bersirip datang dari Asia. Industri ini diharapkan dapat berubah menjadi matang sebagai sistem produksi pangan yang berkelanjutan. Namun demikian, ada beberapa kendala yang harus dibereskan. Misalnya, ketidaksambungan antara pasokan dan permintaan di Asia, keterbatasan suplai ikan hidup bernilai ekonomi tinggi di pasar lokal  dan regional, serta berlebihnya produksi ikan-ikan murah beku atau filletnya di pasar global.

 

Sementara itu ada investasi besar dalam bidang produksi, tetapi sayangnya upaya untuk pengembangan produk, branding, dan pemasaran maish terbatas. Karena itulah The Aquaculture Roundtable Series (TARS) 2017 yang akan digelar di Hotel Conrad, Bali, pada 16-17 Agustus 2017 mengangkat tema “Budidaya Ikan Bersirip: Strategi untuk Bertumbuh”.  

 

“Produsen ikan Asia menyadari perlunya menjadi penyedia ikan yang sesuai kebutuhan konsumen dengan fokus keamanan pangan. Industri ini juga harus menghadapi tantangan untuk menjadi pemasok ikan yang terpercaya dan bertanggung jawab,” ucap Zuridah Merican, Editor Majalah Aqua Culture Asia Pacific yang juga menjadi Ketua Penyelenggara TARS 2017.

 

Perhelatan TARS VII ini akan membahas tentang kondisi industri perikanan budidaya dan tantangannya di Asia, terutama Tiongkok dan Indonesia;  pemasaran, branding, penambahan nilai, pencitraan, pakan bebas tepung ikan dan teknologi produksi; Peningkatan efisiensi produksi melalui industrialisasi, integrasi, segmentasi, otomasi, serta manajemen kesehatan dan pakan. Dan jangan lewatkan pula tren ke depan industri perikanan ini dan potensi pasar bagi produsen-produsen Asia.

Peni SP

© 2008 Agrina. Powered by iFORTE