03 April 2017
Impack dan Covestro Membantu Petani Kecil

Covestro, produsen utama polimer dunia, dan PT Impact Pratama Industri Tbk., menandatangani perjanjian kerjasama untuk membantu petani kecil di bidang pasca panen. Penandatanganan ini dilakukan di Altira Office Tower, Sunter Jaya, Tanjung Priuk, Jakarta, Jumat, 31 Maret 2017.

Covestro (dulu Bayer MaterialScience), berkantor pusat di Leverkusen, Jerman. Produk-produknya banyak digunakan untuk industri otomotif, listrik, konstruksi, olah raga dan rekreasi. Sedangkan PT Impack Pratama Industri Tbk merupakan perusahaan yang fokus pada bahan bangunan khusus. Dengan pengalaman 35 tahun, Impack siap menjadi pemain yang mengglobal.

Dalam kerjasama ini, Covestro dan Impack menyediakan Solar Dryer Domes (SSD) yang terbuat dari polikarbonat. Kubah ini berfungsi seperti rumah kaca. Dengan konstruksi lembar polikarbonat, suhu di dalam kubah dapat ditingkatkan sampai 200 persen dibandingkan suhu di luar. Kipas kecil membantu sirkulasi udara dan menghilangkan uap air dari pengering (dryer).

 

  Haryanto, Model SSD, dan Nothcote

Meningkat 45%

SSD ini membantu petani untuk mengeringkan hasil-hasil panen mereka seperti pisang, tomat, cabai, kakao, biji kopi, rempah-rempah, serta produk perikanan dari nelayan. Produk-produk yang dikeringkan lebih sehat dan mutu produknya lebih bagus sehingga harganya relatif tinggi.

SSD ini ditemukan Prof. Dr. Serm Janjai dari Universitas Silpakorn, Thailand. Dari pengalaman membangun 500 SSD di sana, hasil panen petani yang bermutu meningkat sampai 45 persen.

Bandingkan dengan pengeringan tradisional seperti pengeringan di pinggir jalan, petani kecil seringkali harus menghadapi tantangan kontaminasi hasil panen dari debu, air, dan sinar ultraviolet (UV). Akibatnya sekitar 30-50 persen produk mereka tidak laku dijual dan tidak bernilai ekonomis. Lembar polikarbonat pada SSD dapat melindungi hasil panen dari sinar UV.

“Sebagai perusahaan nasional, Impack Pratama ingin memberikan kontribusi bagi masyarakat kurang terlayani di Indonesia, khususnya petani kecil dan nelayan. Kami berharap mereka akan memperoleh manfaat penggunaan Solar Dryer Domes untuk meningkatkan hasil panen dan (juga) meningkatkan penghasilannya,” tutur Haryanto Tjiptodihardjo, Direktur Utama Impack.

Keamanan pangan

“Solar Dryer Dome pertama kami di pulau Jawa didirikan di Desa Boja-Kebon Agung, Kendal, Jawa Tengah. Penduduk di desa ini menggunakan Solar Dryer Dome untuk mengeringkan hasil tani mereka seperti pisang, cabai, bawang merah dan sebagainya untuk meningkatkan kualitas produk mereka,” kata Sugiarto Romeli, yang bertanggung jawab atas kerjasama ini di Impack.

“Covestro telah berkerjasama untuk solusi keamanan pangan beberapa tahun dengan Vietnam, Thailand, Myanmar dan juga Indonesia. Hal ini bagian tidak terpisahkan dari target bisnis berkelanjutan kami untuk memberi manfaat ekonomi bagi 10 juta orang di pasar yang kurang terlayani hingga tahun 2025,” papar Richard Northcote, Chief Sustainability Officer Covestro.


Syatrya Utama

© 2008 Agrina. Powered by iFORTE