02 March 2017
Reformasi Pupuk Subsidi

Direktur Pupuk dan Pestisida Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan, Muhrizal Sarwani mengklarifikasi langsung isu yang berhembus mengenai pencabutan subsidi pupuk. “Memang ada beberapa pilihan untuk reformasi pupuk subsidi, tapi sekarang subsidinya belum dicabut. Kalaupun dicabut nanti yang mengumumkan presiden atau menteri terkait,” terangnya di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta (28/2).

Justru, pemerintah berencana untuk mengembangkan dan menerapkan subsidi langsung menggunakan kartu tani (KT). KT merupakan kartu multifungsi yang memuat informasi petani, lahan, kebutuhan saprotan, dan informasi panen. Kemudian, bisa juga digunakan sebagai kartu debit untuk penerimaan tabungan, pinjaman, subsidi, maupun bantuan.

Sejauh ini, sambung Muhrizal, sebanyak 1,2 juta KT telah diuji coba oleh BRI di Jawa Tengah, sedangkan BNI baru realisasi 10 ribu KT di Jawa Timur. “Bu Menteri BUMN minta 1 juta kartu harus selesai Juni dengan data yang valid,” ujarnya. Penerbitan KT ini berdasarkan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK).

Galuh Ilmia Cahyaningtyas

© 2008 Agrina. Powered by iFORTE