16 April 2018
Anggia Murni, Foto IG di Mana?

Lansekap perkotaan dan pedesaan dengan segala kearifan lokalnya harus dijaga agar keberagamannya bisa diwariskan ke anak cucu. Dengan dibukanya infrastruktur, menurut Anggia Murni, Chairwoman Indonesia Landscape Industry Network (ILINET), akan banyak daerah pedesaan menjadi kota. “Suhu di desa lebih dingin, lebih enak dari kota. Kalau kita di kota menganggap lansekap hanya sebagai unsur dekoratif saja, tentu kita nggak akan nyaman tinggal di kota tersebut,” ulasnya.

Kearifan tanaman dan cagar budaya lokal, seperti Kepulauan Raja Ampat di Papua pun bisa hilang bila kita tidak menjaga kelestariannya. Ketika generasi milenial ingin selalu hadir di media sosial, “Mau foto IG (instagram) di mana kalau lingkungan Raja Ampat sudah rusak?” kritik Murni, sapaannya.

Karena itu ia menyarankan pelibatan arsitektur lansekap sejak awal perencanaan desain kota. Jika perencana kota baru berperan di akhir, kemungkinan besar yang terjadi adalah menghijaukan kota dan menggersangkan daerah lain.

Padahal, pembangunan lansekap bisa memberikan dampak langsung pada keberlanjutan pembangunan masyarakat (people), lingkungan (planet), dan kesejahteraan (prosperity). “Disiplin ilmu lansekap mencakup semua aspek, lingkungannya dapat, sosial ekonominya dapat,” tandasnya.

Windi Listianingsih

© 2008 Agrina. Powered by iFORTE