16 November 2013
WISATA : Piknik di Pekarangan Belakang Rumah

Berwisata di halaman belakang rumah? Boleh juga idenya!

Pagi itu mungkin berbeda dengan pagi-pagi sebelumnya. Canda riang anak-anak terlihat mengawali harinya di alam terbuka. Tapi, mereka tidak sedang bermain bersama guru atau orang tua mereka seperti biasanya.

Out bound at the backyard, bukan tidak mungkin, dan itulah yang dirasakan anak-anak dan pengunjung lainnya yang datang ke Buni High Ropes (BHR). Sebab, lokasinya benar-benar berada di pekarangan belakang rumah yang tampak asri, nyaman dan bersih, serta terawat baik.

Sejumlah ajang permainan menunggu pengunjung yang datang untuk menguji nyali. “Biasanya, permainan ini banyak disukai anak-anak. Kalaupun ada pengunjung dewasa, biasanya dari perusahaan atau keluarga,” kata Wina Dwi, staf pengelola BHR.

Ada 37 ajang permainan terkait titian tali di ketinggian (high ropes) di areal seluas 1,3 hektar ini. Sekadar berkunjung dan menikmati suasana di BHR tak dipungut sama sekali. Namun, jika bermain di berbagai arena tentu mesti membayar.

Aman dan Nyaman

Saat mencoba berbagai wahana yang tersedia, pengunjung bakal merasakan tantangan. Tapi, jangan khawatir akan keamanan dan keselamatan. Sebab, para ranger (sebutan untuk pendamping) di BHR selalu siap menjaga. Bahkan, peralatan yang digunakan berstandar internasional.

Ditemani ranger bermain dan menguji nyali tentu menggembirakan. Soalnya, anak-anak bisa bermain sambil belajar mengenal lingkungan dengan suasana penuh petualangan. Sebutlah permainan menantang nyali semacam seluncur di seutas tali (flying fox), meniti seutas tambang di atas danau (high ropes), atau panjat dinding.

“Semua permainan ini akan membangun karakter mereka dan terlatih menjadi lebih berani menghadapi tekanan ketakutan,” kata Wina sambil menunjuk anak-anak yang tengah bermain.

Bermacam permainan itu tak sekadar memacu andrenalin, tapi juga bisa menjadi arena melatih ketangkasan, disiplin, dan keberanian mengambil risiko. “Setiap permainan juga diselaraskan dengan kondisi pengunjung, baik itu pikiran, tenaga maupun emosinya,” tambahnya.

Biaya yang harus dirogoh untuk bermain di ajang BHR Rp75 ribu tiap orang. Itu untuk pine track dan cherry track, yang dikhususkan untuk anak-anak. Sedangkan untuk coconut track serta tea track, yang disiapkan bagi orang dewasa, biayanya Rp85 ribu. Dengan biaya itu pengunjung bisa bermain flying fox, berenang, naik rakit di danau buatan, meniti seutas tambang di atas danau, memanjat dinding, serta beberapa fun games lainnya.

BHR menyediakan paket permainan untuk anak-anak, yakni paket Fun Fishy dan Fun Frutty, dengan biaya Rp100 ribu per orang. Sedangkan bagi rombongan, ada paket Fun Outbound dengan biaya Rp125 ribu per orang, dengan peserta sedikitnya 20 orang. Biaya itu sudah termasuk 2 track untuk anak-anak, snack, makan siang, fun games, berenang, termasuk instruktur dan asuransi.

Ada pula paket Playground Gathering untuk dewasa. Peserta dibatasi 40–50 orang. Kegiatannya meliputi playground coconut, coconut track, renang, makan siang, karaoke, dan ice breaking.

Atau bisa juga memilih Outbound Team Building Training, dengan peserta minimal 20 orang. Di dalam paket ini ada materi pelatihan bersinergi, berkomitmen dan bertanggung jawab dalam tim. Usai mengikuti kegiatan ini peserta mendapat sertifikat.

Paket tersebut banyak diminati perusahaan dan sekolah menengah atas. “Sebab, konsep-konsep ditanamkan melalui materi yang menarik dan aplikatif, serta disimulasikan lewat permainan yang butuh kerjasama tim,” jelas Wina.

Liburan Keluarga

Selain itu, ada pula paket untuk remaja dan keluarga, misalnya paket pesantren kilat, paket menginap untuk fun outbound dan mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK). Dalam paket menginap yang pesertanya sekurangnya 10 orang ini disediakan sejumlah fasilitas seperti bermain di salah satu track, fun games, tiga kali makan, instruktur, juga asuransi. Lama menginap dua hari dan satu malam. Biaya paket ini Rp175 ribu per orang.

Tempat wisata yang terletak di Jl. Ki Hajar Dewantara No. 6X Sawah Lama, Ciputat, Tangerang Selatan, ini dibangun pada 2010. Asyiknya, berbagai jenis kegiatan yang ada semakin seru jika dilakukan bersama keluarga atau teman. Jadi, tak sekadar tempat melepas penat akhir pekan, lokasi ini layak menjadi ajang reuni serta pertemuan keluarga.

Tentu lokasi ini cocok pula bagi mereka yang ingin belajar tentang kemandirian dan kedisiplinan karena ada paket LDK dan lain sebagainya. Di sini, anak-anak usia sekolah akan mendapatkan berbagai pelajaran berharga dalam pembentukan mental. Juga agar  mereka kian menghargai alam dan memanfaatkannya sesuai kebutuhan.

Apalagi, para ranger yang mendampingi selalu bersikap ramah dan siap membantu pengunjung. Jadi, siapa saja yang berkunjung tak mudah melupakan tempat ini. Berani mencoba tantangan? Cobalah sejenak melepas kepenatan sehari-hari.

Tri Mardi Rasa

© 2008 Agrina. Powered by iFORTE