16 April 2018
PERKEBUNAN : Bibit MCC 02 Mengembalikan Kejayaan Kakao

Masamba Cocoa Clone 02 (MCC 02) memiliki potensi hasil 3.000-3.500 kg/ha/tahun, lebih tahan serangan busuk buah, VSD, dan PBK.

Masa keemasan kakao di Lampung Timur (Lamtim) yang redup sejak periode 2.000 mulai kembali bersinar. Kehadiran bibit kakao unggul MCC 02 yang dikembangkan Riswanto memberi harapan kejayaan kakao di Bumi “Bumei Tuwah Bepadan” itu.

Serangan Penyakit

Riswanto mengatakan, masa keemasan kakao di daerahnya yang dimulai era 1980-an berakhir tragis akibat serangan penyakit. Meskipun masih banyak tanaman kakao berumur 15-25 tahun yang bertahan hidup, produksinya rendah sehingga tidak ekonomis.

“Itu terjadi setelah tanaman kakao diserang penyakit busuk buah, VSD (Vascular Streak Dieback–penyakit pembuluh kayu), dan PBK (penggerek buah kakao) sejak tahun 2000-an,” ujarnya kepada AGRINA di Desa Banjaragung, Kec. Sekampung Udik, Kab. Lamtim. Penyakit busuk buah disebabkan cendawan Phytophthora palmivora, sedangkan VSD akibat ulah cendawan Oncobasidium theobromae.

Berbagai upaya dilakukan Dinas Pertanian dan petani tetapi tidak banyak membantu. Produksi kakao kian turun. Kondisi diperparah dengan makin tuanya tanaman. Petani tidak melakukan peremajaan karena khawatir tanaman baru bakal terserang penyakit VSD sudah endemik.

Sebagai anak petani, ia terpanggil untuk menyelamatkan kakao di daerahnya. Meskipun berlatar belakang pendidikan STM Jurusan Eelektronika, Aris, sapaan akrabnya, tertarik meremajakan kakao.

Kakao banyak memberikan manfaat bagi masyarakat Lamtim. Umumnya rumah tembok dan anak-anak sekolah dibiayai dari penjualan kakao. Sayang jika kita bersikap ‘habis manis sepah dibuang’ terhadap kakao,” ungkapnya saat didampingi Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Lampung Timur, Mursidi dan petani lainnya.

Kelanjutan tentang tulisan ini baca di Majalah AGRINA versi Cetak volume 14 Edisi No. 284 yang terbit pada Februari 2018. Atau klik di https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/agrinahttps://www.wayang.co.id/index.php/majalah/agrinahttps://higoapps.com/item/1774/agrina-edition-jan-2018, https://www.mahoni.com, dan https://www.magzter.com/ID/PT.-Permata-Wacana-Lestari/Agrina/Business/

© 2008 Agrina. Powered by iFORTE